Indonesia Menyelenggarakan Pemilu Calon Presiden Serentak 2019 Pertama Sepanjang Sejarah

Sepanjang sejarah penyelenggaraan pemilu di Indonesia, pemilu serentak 2019 adalah yang pertama. Diagendakan pada tanggal 17 April 2019 nanti, pemilu ini tidak hanya untuk memilih calon presiden 2019 dan wakilnya saja. Melainkan juga anggota legislatif yang lain. Kasubdit Lembaga Pemerintah dan Perwakilan Kementerian Luar Negeri membenarkan bahwa pemilu mendatang ini diselenggarakan serentak dan menjadi yang pertama dalam sejarah Indonesia.

Pemilu pertama sepanjang sejarah

Dedi Mulyadi, Kasubdit Lembaga Pemerintah dan Perwakilan Kementerian Luar Negeri juga membenarkan mengenai pemilu serentak pertama yang diselenggarakan di Indonesia ini. Sesuai dengan amanat dari undang-undang, pemerintah wajib menggelar pesta demokrasi ini dengan sukses dan lancar tanpa kendala apapun.

Untuk itu pemerintah pusat dan daerah telah memberikan fasilitas yang diperlukan untuk menggelar hajat memilih wakil rakyat tersebut. Dedi menambahkan jika pada bulan Agustus 2018 lalu, pemerintah juga telah mengirim sebuah surat edaran kepada gubernur, bupati dan walikota. Surat edaran ini adalah upaya pemerintah melakukan sosialisasi untuk kelancaran pemilu serentak ini.

Tidak hanya memilih presiden dan wakilnya

Mengenai pemilu serentak ini, Dedi juga menambahkan jika pelaksanaannya tidak hanya untuk memilih presiden dan wakilnya. Pada 17 April 2019 nanti, pemilu calon presiden 2019 ini juga untuk memilih anggota legislatif. Masyarakat harus menyiapkan diri untuk memilih wakil terbaik yang akan menyalurkan aspirasinya.

Anggota legislatif yang dimaksud terdiri dari DPR, DPD, DPRD Provinsi dan juga DPRD Kabupaten atau Kota. Tidak lupa pada pemilu nanti juga untuk memilih presiden dan wakil presiden. Masyarakat sebagai pemilih, harus menyiapkan hari ini untuk berpartisipasi aktif dalam memilih wakil rakyat dan juga presiden beserta wakil sesuai dengan hati nuraninya.

Dukungan penuh sosialisasi dari pemerintah

Penyelenggaraan pemilu calon presiden 2019 ini memiliki kendala yang tidak dapat dianggap remeh oleh pemerintah. Atas dasar ini, Dedi kembali kembali menambahkan jika penyelenggaraannya membutuhkan dukungan dari banyak pihak. Pemerintah pusat dalam hal ini sebagai penanggung jawab utama harus memberikan sosialisasi penuh kepada masyarakat.

Terkait dengan sosialisasi pemilu serentak oleh pemerintah, Kemendagri melalui Tjahjo Kumolo telah menyatakan jika pemerintah akan memberikan dukungan penuh. Upaya mengadakan pertemuan antara pihak-pihak terkait. Terutama lembaga berwenang yang terkait sehingga sosialisasi sama-sama dilakukan sampai ke tingkat bawah masyarakat.

Pemilu serentak membutuhkan dukungan pemerintah daerah

Sosialiasi pemilu serentak lebih maksimal saat tidak hanya pemerintah pusat saja yang bergerak melakukan sampai ke kalangan masyarakat . Namun juga diperlukan dukungan dari banyak pihak. Tidak hanya pemerintah yang harus menanggung sosialisasi dan kebutuhan sarana yang memadai namun juga pemerintah daerah.

Pemerintah daerah harus bergerak memenuhi kebutuhan sosialisasi dan sarana ke seluruh wilayahnya untuk menyiapkan pemilu serentak. Selain itu partisipasi masyarakat sangat penting dalam mendukung kelancaran pemilu calon presiden serentak 2019. Terutama dalam memberikan suaranya kepada wakil-wakil yang terbaik, calon presiden dan wakil presiden tahun depan.

Leave a Reply