Mengenal Dishwasher Restoran

Dishwasher sangat membantu pekerjaan di restoran. Walaupun memang belum banyak restoran di Indonesia yang menggunakannya. Pasalnya, mesin pencuci piring bukan hanya membersihkan saja, namun juga mengeringkan. Dengan begitu, peralatan dapur bisa digunakan dengan cepat. Berikut ada sedikit pengetahuan akan dishwasher restoran.

Cara kerja dishwasher restoran

Tidak seperti cara lama yakni mencuci piring dengan manual. Di mana pada awalnya harus merendam, menggosoknya menggunakan spons untuk membersihkan kotoran atau sisa makanan dan terakhir membilasnya, cara kerja dari dishwasher sangat berbeda.

Di mana pada awalnya, mesin ini akan menyemprotkan air panas dengan suhu 55 sampai 65 derajat celcius pada peralatan dapur yang akan dicuci. Kemudian pada fase berikutnya mengalirkan campuran sabun pencuci dengan air untuk membersihkan. Selain itu juga akan diikuti dengan air bersih untuk membilas dan mengilangkan sisa – sisa sabun pencuci.

Namun setiap tipe dishwasher terkadang memiliki pembilas terkadang tidak. Ada juga tipe mesin pencuci piring yang memiliki pengering di dalamnya. Dengan begitu, saat keluar peralatan dapur sudah bersih dan tinggal digunakan.

Beberapa merek yang terkenal antara lain adalah Hobart dishwasher, GE, Asko, Bosch, dan lain-lain.

Penggunaan dishwasher

Dalam penggunaan dishwasher sendiri ada beberapa poin dan hal penting yang harus diperhatikan dan dihindari. Hal ini dilakukan agar mesin ini bertahan lama. Berikut ini beberapa poin penting yang harus diperhatikan.

  1. Jangan pernah gunakan dishwasher untuk mencuci beberapa peralatan dapur yang memiliki kandungan minyak tanah, baja, cat, serpihan besi, kerosif, alkalin atau acidic.
  2. Saat mesin pencuci piring ini bekerja jangan sekali – kali untuk membuka pintunya. Terlebih lagi saat proses mencuci dikhawatirkan air panas bisa keluar. Walaupun memang beberapa mesin memiliki alat pengamanan yang bisa otomatis mati saat dibuka pintunya.
  3. Sangat penting untuk menggunakan beberapa bahan yang memang dianjurkan untuk penggunaan dishwasher, seperti sabun khusus atau garam.
  4. Jangan sekali – kali meletakkan pisau dalam posisi tegak dalam pencucian karena akan sangat berbahaya.
  5. Untuk beberapa jenis peralatan dapur yang tajam, seperti pisau atau alat pemotong daging harus diposisikan mendatar pada keranjang yang sudah disediakan
  6. Saat benar – benar ingin mencuci peralatan dapur dan sudah meletakan pada posisi yang benar, tutup pintu dengan rapat. Jika sampai terbuka sedikit saja akan sangat berbahaya.
  7. Penempatan mesin dishwasher harus benar – benar jauh atau disudut ruangan dapur restoran. Sebab apabila berada didekatnya saja cukup berbahaya, terlebih saat pintu terbuka.
  8. Selain itu, penempatan juga harus dijauhkan sumber daya listrik. Segera matikan sumber air setelah menggunakannya.
  9. Untuk dishwasher restoran sangat penting untuk dilakukan pengecekan secara berkala. Selain itu, selalu gunakan suku cadang yang asli.
  10. Selalu panggil tukang servis yang berpengalaman dan jangan pernah memperbaiki sendiri. Perbaikan yang salah bisa menyebabkan kesalahan fatal dan luka.