Cara Merawat Furniture Rotan Dengan Mudah

Tumbuhan rotan biasa dimanfaatkan sebagai bahan dasar furniture. Dengan bentuknya yang khas menjadikan furniture ini mempunyai struktur lebih rumit tapi unik. Ada banyak sekali celah yang dapat memberikan kesan menarik dan berbeda jika dibandingkan furniture berbahan kayu, maupun material yang lainnya. Walaupun terlihat indah, akan tetapi hal tersebut juga menjadi tantangan tersendiri saat merawat furniture rotan.

Lalu, Bagaimana Sebenarnya Cara Merawat Furniture Rotan?

Untuk merawat furniture rotan desain unik sendiri, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, sebagai berikut :

  1. Memakai Vacuum Cleaner

Pertama-tama bersihkan terlebih dulu furniture berbahan rotan sebelum dicuci, memakai vacuum cleaner. Pakai ujung yang berbulu panjang di alat vacuum cleaner ini untuk menjangkau kotoran dan debu pada celah anyaman. Hindari menekan bagian permukaan furniture dengan terlalu keras, tujuannya untuk mencegah jalinan rotan terlepas.

  1. Pakai Kuas Kecil atau Sikat

Pakai kuas kecil atau sikat untuk membersihkan bagian celah-celah furniture rotan. Selain itu, Anda juga dapat memakai lidi maupun beberapa benda runcing. Tentu saja Anda harus melakukannya secara hati-hati. Jadi, jangan sampai perawatan yang Anda lakukan justru bisa menggores bagian permukaan furniture.

  1. Merapikan Serabut Menggunakan Gunting

Seiring bertambahnya umur furniture rotan, umumnya akan mulai terlihat serabut-serabut rotan yang mencuat. Hindari menarik bagian serabut-serabut tadi sebab bisa menyebabkan kerusakan yang semakin parah. Pakai gunting untuk dapat merapikan serabut tadi.

  1. Keringkan Usai Dibersihkan

Pastikan furniture berbahan rotan yang Anda miliki benar-benad dalam keadaan kering sesudah dibersihkan. Pakai hairdryer atau bisa juga dijemur di bawah paparan sinar matahari yang tak terlalu terik.

  1. Memakai Biopolish Eksterior

Pakai biopolish eksterior sebagai semir kayu. Lakukan secara berkala untuk menjaga ketahanan dan keindahan warna pada furniture berbahan dasar rotan. Adapun biopolish eksterior ini adalah semir kayu berbahan alami tanpa menimbulkan bau menyengat maupun rasa tertentu. Biopolish eksterior ini termasuk semir kayu yang bisa menjadikan produk-produk furniture berbahan kayu maupun serat alam terlihat semakin indah juga awet. Cara melakukan perawatan fniturure rotan premium memakai biopolish eksterior ini mudah, Anda cukup mengoleskannya ke furniture berbahan rotan memakai kain lap kering dan lembut. Gosok bagian permukaan fiurniture sampai mengkilap agar tampilannya lebih indah.

Dengan melakukan perawatan furniture rotan di atas, tentu saja membuat furniture di rumah Anda lebih awet dan tahan lama. Selain itu, dengan perawatan yang tepat bisa membuat tampilan furniture tetap terlihat baru dan mengkilap. Sehingga Anda tetap merasa nyaman dengan kondisi furniture yang selalu terlihat baru tersebut. Jadi, pastikan Anda selalu merawat dan menjaga keindahan furniture berbahan rotan di rumah untuk memberikan kesan yang awet dan selalu terlihat menawan.