Merawat Mesin Diesel Dengan Baik Dan Benar

Genset adalah mesin yang memiliki energi yang tinggi. Mesin ini bekerja dengan mengubah tenaga panas, air, angin dan listrik menjadi tenaga mekanik yang banyak digunakan. Sekarang ini genset menjadi salah satu komponen elektrik yang banyak digunakan, baik untuk keperluan industri maupun untuk keperluan rumahan. Kapasitasnya juga bervariasi mulai dari 25 kva, 30 kva, dst.

Kenali Bagian-bagian Utama Penyusun Genset

Untuk melakukan perawatan pada Genset ini, maka perlu anda ketahui bahwa Genset ini memiliki bagian-bagian penyusunnya. Berikut merupakan komponen penyususn Genset tersebut.

  1. Block  Assembly, bagian ini terdapat pada cylinder block.
  2. Engine Block, bagian utama  yang terdapat pada Genset.
  3. Cylinder, bagian yang memiliki lubang-lubang pada block engine yang memiliki fungsi dan  tugas seperti rumah untuk piston, ruang pembakaran dan tempat keluarkan uap panas dari piston.
  4. Cylinder Liner, bagian yang berfungsi sebagai pembntuk  selubung air yang membatasi antara air pendingin dengan piston.
  5. Piston, bagian yang terpasang pada setiap cylinder liner yang dapat bergerak ke arah atas maupun ke bawah setiap kali terjadinya proses pembakaran.

Cara Merawat Genset Dengan Baik Dan Benar

Agar Genset yang anda miliki bertahan lama, tentunya anda harus melakukan perawatan khusus. Namun untuk memperoleh hasil yang maksimal anda harus mengikuti beberapa aturan untuk melakukan perawatan tersebut. Adapun cara merawat Genset tersebut dapat anda baca di bawah ini.

  1. Selalu lakukan pemanasan pada genset minimal 1 bulan 2 kali. Tujuannya ialah dapat memberikan pelumasan pada seluruh bagian genset.
  2. Perhatikan pemakaian bahan bakar, baik solar maupun bensin, filter maupun tangkinya. Gunakan solar yang berkualitas meskipun dengan harga yang mahal. Karena jenis solar akan mempengaruhi genset anda. Gantilah filter solar apabila saringan bahan bakar menyala, hal ini bisa terjadi karena adanya kotoran atau air yang tersumbat di saringan bahan bakar diesel anda.
  3. Lakukan juga perawatan terhadap water sedimenter dan busi pijar secara teratur. Alat ini berfungsi untuk menangkap kandungan air yang ada pada genset. Sehingga anda harus melakukan pengecekan water sedimenter anda secara rutin.
  4. Seringlah membersihkan filter udara pada genset tersebut.
  5. Jangan pernah mematikan genset secara langsung ketika anda selesai menggunakannya.
  6. Penggantian pelumas oli secara teratur.
  7. Lakukan beberapa perbaikan dan service pada genset secara rutin

Inilah beberapa informasi terkait tentang Genset dan cara merawatnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply