Mengenal Sejarah Percetakan Dan Tips Mudah Memilihnya

Percetakan dalam sejarahnya telah mengalami begitu banyak perubahan, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ikut serta memberikan inovasi terbaik di bidang percetakan. Dulunya, masyarakat menuliskan berbagai informasi mengenai tanggal pada dinding-dinding gua, namun saat ini kita bisa menumpahkan segala informasi pada secarik kertas untuk kemudian dicetak. Bangsa Cina menjadi pihak yang sangat membantu dalam pengembangan dan pengadaan kertas dan moveable type dari tanah liat. Kemudian kembali dikembangkan oleh bangsa Korea dengan membuat moveable type dari perunggu. Bangsa Eropa sendiri pada awalnya menulis segala keperluan dan kebutuhan informasi pada kertas dengan menggunakan tangan. Akan tetapi, penulisan menggunakan tangan dirasa kurang efektif dan efisien sehingga diciptakanlah percetakan pertama dengan tujuan mempermudah proses penduplikasian.

Teknik percetakan pertama kali dikenal di kota Mainz, Jerman yaitu pada tahun 1440. Kota tersebut merupakan sentra kerajinan dari uang logam yang sangat terkenal pada masa itu. Johannes Gutenberg merupakan orang pertama yang mengenalkan metode cetak, ia terinspirasi dari uang logam yang digesekkan menggunakan arang di atas permukaan kertas. Hingga saat ini, percetakan menjadi kebutuhan penting yang sangat mempengaruhi produktivitas manusia. Produsen percetakan pun hadir berlomba-lomba untuk menciptakan mesin percetakan terbaik untuk memudahkan segala urusan para konsumen.

Apa itu Percetakan?

Percetakan adalah proses industri dalam memproduksi tulisan dan gambar secara massal menggunakan mesin cetak, terutama untuk kebutuhan yang menggunakan tinta di atas permukaan kertas. Percetakan amat sangat penting untuk menerbitkan suatu informasi untuk publik dan mencetak suatu transaki yang dilakukan manusia. Bisa anda lihat sendiri, begitu banyak buku, koran, flyer, majalah dan koran yang dicetak secara massal menggunakan teknik percetakan. Biasanya, gambar yang akan dicetak akan di print di atas film terlebih dahulu untuk selanjutnya akan di transfer ke bagian plat cetak. Untuk gambar yang membutuhkan warna, maka akan didapatkan dengan cara menimpakan beberapa pola warna di setiap pelat offset.

Selain mencetak gambar, percetakan juga digunakan untuk mencetak relief, rotogravure, sablon dan percetakan yang berbasis digital layaknya inkjet, laser dan pita jarum. Percetakan hadir untuk memudahkan segala urusan anda secara efektif dan efisien pastinya. Bukan hanya itu saja, bahkan juga terdapat teknik percetakan poly yang digunakan untuk memberikan kesan emas dan perak di bagian permukaan serta teknik cetak emboss yang bertujuan untuk memberikan kesan timbul di atas kertas. Bagi anda yang ingin memilih jasa percetakan, maka simak beberapa tips mudah untuk menentukan dan memilih percetakan terbaik:

∙                     Pilih jasa percetakan yang sesuai kebutuhan

Sangat penting untuk memilih percetakan yang sesuai dengan kebutuhan, sebut saja kebutuhan seperti blanco, amplop, undangan, kartu, majalah, buku hingga percetakan digital, baik berukuran besar maupun kecil sehingga hasil cetak yang dihasilkan nanti bisa sesuai dengan target. Menggunakan jasa percetakan profesional juga sangat  bagus untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

∙                     Mempertimbagan lokasi dan biaya

Keduanya merupakan pertimbangan yang wajib dilakukan oleh anda yang ingin menggunakan jasa percetakan, karena setiap perusahaan percetakan biasanya akan ikut serta mempertimbangkan lokasi pelanggan untuk menentukan biaya ongkos maupun biaya operasional lain.