Berbagai Jenis Panel Surya

lampu jalan tenaga suryaEnergi matahari adalah salah satu energi alternatif yang tidak pernah ada habisnya. Dengan begitu, pemanfaatan energi matahari biasanya akan menggunakan panel surya. Penggunaan energi matahari adalah sebagai pengganti dari minyak bumi dan batu bara. Sebab minyak bumi dan batu bara semakin hari semakin menipis. Perlu Anda ketahui bahwa cahaya matahari pada siang hari bisa digunakan untuk menyalakan lampu seluruh dunia. Tidak hanya itu saja, pemakaiannya akan menutupi konsumsi energi listrik dalam kebutuhan sehari – hari. Di samping itu, penggunaan panel surya juga lebih ramah lingkungan, sebab tidak meninggalkan emisi karbondioksida. Ada banyak jenis – jenis panel surya. Berikut ini beberapa jenis panel surya yang biasa digunakan.

Mono crystalline

Jenis yang satu ini merupakan panel surya dengan tingkat efisiensi yang paling tinggi  di antara yang lainnya. hal tersebut karena, panel yang satu ini dibuat dengan teknologi yang modern. Panel tenaga surya yang satu didesain untuk digunakan pada daerah yang terpencil dengan cuaca yang tidak lazim dan dengan kondisi yang sangat ganas. Namun kelemahan dari panel surya jenis ini adalah tidak bisa bekerja pada waktu cuaca mendung, teduh atau cahaya matahari redup.

Poly crystalline

Jenis panel surya yang berikutnya terbuat dari beberapa susunan kristal secara acak. Jenis yang satu ini akan membutuhkan permukaan yang lebih besar. Di samping itu, pael surya yang satu ini memiliki harga yang cukup murah, tapi kualitas yang diberikan lebih rendah dibandingkan jenis yang sebelumnya.

Thin film photovoltaic

Jenis panel surya yang satu ini memiliki karakteristik berupa stuktur lapisan yang tipis yakni mikroristal siikon dan amorphous. Di samping itu, efisiensi yang digunakan dalam menghasilkan energi lebih besar dibandingkan dengan jenis yang sebelumnya yakni poly crystalline dan mono cystalline. Teknologi baru saat ini sedang mengembangkan panel surya yan satu ini. Dengan begitu bisa digunakan saat udara yang sangat berawan atau berkabut  dapat masih bisa menghasilkan daya listrik yang sama atau lebih baik di antara jenis panel surya yang lainnya.

Penggunaan panel surya untuk kehidupan sehari-hari paling banyak ditemukan sebagai sumber tenaga untuk pompa air, lampu taman, hingga lampu jalan. Anda akan sering menemukan lampu penerang jalan umum atau sering disebut dengan lampu pju yang menggunakan sumber daya dari panel surya. Lampu pju seperti ini pun memiliki kekuatan terang yang tidak kalah dengan lampu biasa dengan daya yang lebih rendah, mulai dari lampu pju 30 watt, lampu pju 40 watt, hingga daya lebih besar lainnya. Lampu pju dengan panel surya mudah ditemukan di berbagai penjual offline maupun online.