Tips Pompa Air Tenaga Surya Di Rumah

Panel surya merupakan salah satu alat yang terdiri dari sel surya yang dapat mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Sekarang panel surya sudah digunakan juga pada alat pompa air tenaga surya. Pada umumnya panel surya ini dapat dipasangkan di atas bangunan, atap rumah serta di tanah dengan menggunakan tiang. Lokasi pemasangan panel surya yang menjadi sumber energi pompa air tenaga surya jadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan.

Panel tenaga surya ini memang bisa dipasang berbagai jenis atap. Akan tetapi ada baiknya anda memasangnya saat rumah tengah dibangun ataupun saat atap dalam proses perbaikan. Hal ini sangat berguna untuk dapat menghindari kebocoran atap yang mungkin saja terjadi.

Untuk memasang panel tenaga surya, anda harus terlebih dahulu memasang rangka besi di atap rumah. Setelahnya anda bisa mendudukkan panel tenaga surya di atas atap lalu memasangnya dengan rapat. Hal ini berguna untuk panel surya agar tidak tertiup saat ada angin kencang. Sesudah memasang panel tenaga surya maka anda bisa menghubungkannya ke inverter.

Inverter berguna untuk mengubah arus searah yang dapat dihasilkan oleh panel surya menjadi arus yang bolak-balik. Kemudian inverter tersebut harus dihubungkan ke sistem aliran listrik di rumah dengan benar, atau dalam kasus kali ini disambungkan pada pompa air tenaga surya tersebut. Apabila terdapat kelebihan arus listrik maka anda bisa menghubungkan baterai ke inverter untuk menyimpan kelebihan listrik. Sehingga arus listrik masih bisa digunakan pada saat sinar matahari tidak ada. Untuk lebih jelasnya berikut ini ada beberapa tips memasang panel surya di rumah, yakni :

Posisi Panel Tenaga Surya Harus Menghadap Matahari

Panel surya memang biasanya dipasangkan di atap rumah ataupun bangunan agar bisa memperoleh energi matahari yang cukup. Oleh karena itu, anda harus memosisikan panel surya dengan benar agar bisa terkena paparan sinar matahari langsung. Pada umumnya paparan sinar matahari cukup bervariasi dan ini tergantung dengan musim dan letak matahari. Maka dari itu, untuk bisa mendapatkan arus listrik yang maksimal sebaiknya anda memosisikan panel surya ini yang tepat dan benar.

Memperhatikan Setiap Ada Penghalang Sinar Matahari

Hal ini haruslah diperhatikan dengan baik karena jika terdapat penghalang antara panel tenaga surya dengan sinar matahari maka hal tersebut dapat mengganggu kinerja panel surya. Maka dari itu, sebelum anda memasang panel tenaga surya sebaiknya anda memperhatikan jalur mataharinya terlebih dahulu agar tidak ada objek yang bisa menghalangi sinar matahari ke panel surya.

Memakai Dudukan Untuk Memasang Panel Tenaga Surya

Dudukan panel surya memang sangat berguna untuk pemasangan panel surya di atap rumah atau bangunan. Karena dudukan panel tenaga surya ini dapat membantu mengubah arah sinar matahari yang menuju ke panel surya secara akurat. Dudukan panel surya ini memang tersedia dalam beberapa jenis, seperti dudukan di atap, di tanah, ditiang dan lainnya.

Tentu posisi panel surya itu juga harus memperhitungkan posisi pompa air tenaga surya yang dimiliki, apakah memungkinkan sambungan dari alatnya. Demikianlah, semoga apa yang telah dipaparkan di atas dapat menambah wawasan anda mengenai tips memasang panel surya di rumah.

Leave a Reply